Broker Spread Mepet

Anda mencari Broker Spread Mepet?

Cara Tepat Memilih Asuransi

Pengusaha Muda
Kamis, 02 Desember 2021, 07.34 WIB Last Updated 2021-12-03T04:32:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Cara menentukan Asuransi yang tepat adalah hal yang wajib anda ketahui sebelum anda memutuskan mau menggunakan Asuransi apa dan jenis yang mana, karena saat ini ada banyak sekali jenis asuransi yang ada. Jadi dengan memahami cara memilih asuransi yang tepat dapat membuat anda terhindar dari hal hal yang mungkin kurang pas pada akhir nya nanti. 

 

Mengapa asuransi ini penting? 

 

Pernahkah anda mendengar tentang kisah kapan titanic? Kapal titanic merupakan kapal super besar yang ada pada saat itu, dan kapal yang dijamin anti tenggelam dan diproklamirkan kapal paling aman yang pernah ada. Tapi apa nyatanya? Hanya menabrak sebongkah es......akhir nya tenggelam kan?

 

Yup manusia juga seperti itu. Ada yang diet, ada yang menjaga kesehatan super ketat, ada yang bahkan makan dan minum nya pakai ahli gizi. Tapi apakah tidak pernah sakit? Apakah tidak akan mati? hehehe

 

Ingat ya dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh itu bukan hanya dengan menjaga pola makan dengan teratur, berolahraga yang cukup dan beristirahat dengan teratur saja. Sebab, ada beberapa kasus ditemukan seseorang yang menjaga pola makan dan istirahat dengan teratur dan rutin berolah raga justru menghadap kematian dengan cepat. 

 

Ingat bahwa risiko gangguan kesehatan dan kematian itu tidak pernah bisa diprediksi, sebaiknya proteksi diri dan keluarga dengan asuransi yang memberikan manfaat terlengkap dengan harga premi yang sesuai dengan pertanggungan yang diberikan.  Jadi artikel ini penting untuk anda baca sampai selesai ya....


Jika anda masih bingung dengan cara memilih asuransi terbaik maka saat ini anda telah berada pada halaman yang tepat karena pada postingan ini kita akan membahas secara detail tentang jenis jenis asuransi di indonesia, macam macam asuransi yang banyak digunakan orang dan tips memilih asuransi yang tepat sasaran.

 

Yang perlu anda garis bawahi adalah tujuan asuransi yang utama adalah proteksi, yaitu melindungi baik, kesehatan, jiwa, keluarga hingga kendaraan Anda, tergantung apa yang anda asuransikan.


Baiklah sebelum kita membahas cara Cara Tepat Memilih Asuransi, maka kita harus paham dulu sebenar nya ada berapa macam macam asuransi yang ada di indonesia ini?

 

Macam macam asuransi yang ada di indonesia, adalah sebagai berikut:

 

1. Asuransi Jiwa

Dari nama nya saja anda pasti sudah bisa menebak tentang asuransi yang satu ini. Yup asuransi jiwa ini merupakan salah satu asuransi yang cukup dikenal oleh masyarakat indonesia pada umumnya. Asuransi jiwa ini memberikan keuntungan kepada tertanggung atas kematiannya. 

 

Apa tujuan dan manfaat dari asuransi jiwa ini? Dari nama nya saja Tentu asuransi satu ini cukup penting sekali manfaat nya, yaitu memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang akibat adanya kematian anggota keluarga tertanggung yang umumnya menjadi sumber nafkah bagi keluarga. Contoh nya misal nya seorang ayah, yang biasanya memberi nafkah keluarga, ketika meninggal tentu keluarga kesulitan ekonomi kan? karena ayah adalah tulang punggung keluarga. Nah dengan adanya asuransi jiwa ini ketika ayah ikut asurani dan meninggal maka keluarga akan mendapat finansial sesuai dengan asuransi yang di ikuti. Sehingga dengan adanya pembayaran dari pihak asuransi, keluarga tetap dapat melangsungkan hidup pasca kematian anggota keluarga atau ayah tersebut. Paham?

 

Ingat bahwa Asuransi jiwa ini dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri atas nama tertanggung atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Sebagai contoh, asuransi ini dapat dibeli oleh seorang suami yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah istrinya meninggal. Dapat juga dibeli oleh orang tua yang mengasuransikan diri terhadap kematian anak begitu pula sebalik nya.

 

Jenis jenis asuransi jiwa ada 5 , yaitu:

  1. Asuransi jiwa berjangka
  2. Asuransi jiwa seumur hidup
  3. Asuransi dwiguna
  4. Asuransi murni
  5. Asuransi unit link.


Catatan tentang asuransi jiwa

Yg perlu di pahami Untuk asuransi jiwa berjangka biasanya memberikan manfaat perlindungan untuk jangka waktu tertentu, seperti 5 tahun atau 10 tahun. Sementara itu, ada asuransi jiwa dwiguna yang memberikan manfaat sebagai asuransi berjangka sekaligus tabungan. Lalu, asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat pertanggungan berupa asuransi perlindungan jiwa dan investasi. Sehingga jika anda ingin memiliki asuransi jiwa plus investasi anda bisa mencoba asuransi unit link ini 

 

2. Asuransi Kesehatan

Selain dari asuransi jiwa, maka asuransi kesehatan adalah Salah satu jenis jenis asuransi yang paling banyak digunakan di Indonesia dan dunia pada umumnya. Orang orang biasanya selain asuransi jiwa maka asuransi kesehatan ini lah yang paling banyak di cari. 

 

Asuransi kesehatan ini sangat penting sekali sobat, karena merupakan produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas suatu penyakit serta asuransi kesehatan ini menanggung biaya kesehatan, seperti proses pengobatan dan perawatan. Jadi sangat di butuhkan sekali, meskipun mungkin saat ini anda dalam keadaan sehat wal afiat alias tidak dalam ke adaan sakit.

 

Manfaat lain nya dari asuransi kesehatan adalah ada beberapa kondisi dan penyakit yang umumnya ditanggung dan mendapatkan penggantian melalui klaim asuransi meliputi cacat, sakit, cedera, cacat tetap, hingga kematian karena kecelakaan. Walaupun saat ini telah ada BPJS Kesehatan, namun asuransi kesehatan tetap dibutuhkan karena untuk meng-cover risiko dan memberikan keuntungan lain nya.

 

Asuransi kesehatan ini ada banyak sekali jenis nya. Jenis jenis asuransi kesehatan adalah:

  • Asuransi rawat inap
  • Asuransi rawat jalan
  • Asuransi personal
  • Asuransi kelompok
  • Asuransi swasta
  • Asuransi pemerintah. 
Masing-masing dari jenis asuransi kesehatan di atas memiliki manfaat serta tujuan yang berbeda, kamu dapat memilih salah satu dari macam-macam asuransi kesehatan tersebut.
 

3. Asuransi kendaraan

Tidak hanya manusia lo sobat yang bisa di asuransikan, namun kendaraan juga bisa. Baik kendaraan roda 2 , roda 4 dan yang lain nya

 

Secara umum asuransi kendaraan ini biasanya ada 2 jenis, yaitu :

a. Asuransi All Risk

Asuransi All Risk adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan atas semua kerusakan mobil.

 

b. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO atau Total Loss Only adalah asuransi kendaraan yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan lebih dari 75% dari harga mobil.

 

4. Asuransi dana pensiun

Manusia yang baik adalah yang merencanakan masa depan. Ingat kita tidak selama nya bisa bekerja ya. Suatu ketika pasti kita akan pensiun alias tidak bekerja lagi. Dengan hal ini maka muncul lah asuransi dana pensiun ini.

 

Asuransi dana pensiun ini bertujuan untuk memberikan jaminan atau proteksi pada pemegang polis ketika ia mencapai usia pensiun. Untuk dapat memiliki asuransi dana pensiun ini maka semua orang dengan berbagai latar belakang pun dapat membelinya. Mulai dari karyawan, pengusaha, hingga pekerja lepas dapat mengikuti program asuransi dana pensiun ini. Jadi bagi anda yang menyiapkan hari tua maka asuransi ini sangat cocok sekali anda gunakan.


 5. Asuransi asuransi lain nya

Selain asuransi asuransi di atas masih banyak lagi sebenar nya macam macam asuransi yang ada, misal nya asuransi pendidikan, asuransi pengiriman barang, asuransi barang dan properti.

 

Anda bisa mencari di google untuk jenis asuransi yang lain nya karena terlalu panjang jika kami jelaskan pada postingan kali ini.

 

Baiklah setelah anda paham jenis jenis asuransi yang sering dipakai di indonesia sekarang mari kita bahas Cara Tepat Memilih Asuransi asuransi tersebut seperti di bawah ini:


1. Pastikan Perusahaan Asuransi Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

 

Ini hal yang wajib ya, karena saat ini semua perusahaan yang mengumpulkan atau mengelola uang harus terdaftar di bawah OJK. Maka kamu harus memastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

 

Untuk memastikan hal ini, kamu dapat melakukan pengecekan melalui website OJK dan Asosiasi atau ditanyakan langsung kepada layanan konsumen OJK. 

 

Mengapa harus terdaftar di bawah OJK? Karena OJK adalah sebuah badan pemerintah yang dibentuk dengan tujuan untuk mengatur dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia. Perusahaan asuransi yang berada di bawah pengawasan OJK berarti merupakan sebuah perusahaan yang legal. Jika suatu saat terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, misal nya ada masalah, maka hal tersebut dapat diadukan kepada OJK. 

 

2. Melakukan Riset Tentang Produk Asuransi 

Melakukan Riset Tentang Produk Asuransi ini penting, mengingat ada begitu banyak jenis jenis asuransi yang ada dan ada banyak agent atau tempat kita membeli asuransi. Jadi riset lah dari beberapa sumber dan dari beberapa pengalaman orang yang berbeda untuk mendapatkan data yang akurat.

 

Selain melakukan riset terhadap produk asuransi, maka jika perlu ketahui juga track record dari perusahaan asuransi tersebut. Yang paling penting adalah seberapa besar tingkat risk based capital dari perusahaan asuransi tersebut. Perlu diketahui bahwa Risk based capital merupakan metode perhitungan untuk menentukan apakah perusahaan asuransi tersebut berada di tingkat sehat secara finansial untuk membayarkan seluruh tanggung jawabnya. Karena ketika RBC nya sehat maka anda bisa dengan nyaman berada dalam lindungan asuransi tersebut.

 

Ingat saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan seluruh perusahaan asuransi memberi tahu kepada nasabahnya seberapa jauh tingkat RBC perusahaan asuransi tersebut. Ini sudah dibuka secara transparan...

 

Dalam riset produk ini juga anda perlu melihat Review Online dari orang orang yang telah menggunakan asuransi yang ingin anda gunakan. Banyak banyak yang telah berkomentar atau telah membagikan rating nya. Gabung gorup group FB yang membahas jenis polis yang ingin anda ambil. Akan banyak manfaat nanti dari sana.


3. Pilihlah Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan anda 

Ini adalah hal yang penting setelah anda melakukan riset tentang produk asuransi maka pilih salah satu yang menurut anda cocok sesuai kebutuhan anda saat ini. Bukan karena ada paksaan dari teman, atau agent atau karena mungkin sedang ada promo dan lain sebagainya.

 

Yang terpenting dibagian ini adalah jangan membeli produk asuransi dengan banyak fitur tambahan yang tidak anda butuhkan karena akan membuat harga premi meningkat. Cukup beli sesuai kebutuhan saja tanpa ada fitur fitur tidak penting lain nya. Ingat biasanya fitur fitur ini berhubungan dengan premi yang harus anda bayar kan.


4. Dapatkan keterangan sedetail mungkin dari Insurance Consultant atau Agen yang Berlisensi 

Pernah dengar pepatah malu bertanya sesat di jalan? Nah dalam asuransi juga sama. Saat anda sedang memeilih produk asuransi pastikan sudah tidak ada keraguan lagi. Tanyakan semua hal yang terkait

 

Jika anda masih ada merasa ragu dan khawatir terhadap manfaat pertanggungan yang akan didapatkan dari produk asuransi tersebut, maka langsung bertanya saja kepada insurance consultant atau agen yang telah disiapkan dan telah berlisensi agar seluruh pertanyaan yang ada di benak Anda terjawab dengan benar. Jangan bertanya kepada orang yang tidak paham ya? Apa yang membuat hal seperti ini menjadi penting ? 

 

Karena jika seseorang menjadi agen resmi maka ia akan memiliki tanggung jawab besar terhadap produk asuransi yang dijualnya. Terlebih lagi dia akan bertanggung jawab terhadap klien atau peserta yang menjadi tanggungannya.Yang terpenting lainnya adalah jika agent itu adalah seorang yang tidak mempunyai pengalaman di bidangnya alias hanya broker kemungkinan besar Anda sebagai kliennya akan kesulitan bila terjadi klaim karena dia tidak dapat membantu Anda secara langsung, dan jelas ini sangat merugikan diri Anda sendiri yang telah terlanjur memilih produk asuransi tersebut. Jadi bertanyalah apakah dia resmi agent atau hanya broker saja.

 

Jika dia agent resmi asuransi pasti dia memiliki keanggotaan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Setiap agen resmi pasti telah terdaftar dan memiliki kartu AAJI baik itu yang bersifat sementara maupun yang telah berlisensi penuh. 

 

Jadi tidak ada salahnya jika Anda menanyakan keanggotaan mereka apabila Anda ditawarkan produk asuransi, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan oleh Anda ke depannya.

 

Hal wajib yang perlu anda tanyakan lagi adalah pastikan sebelum anda menandatangani Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) atau Surat Permintaan Asuransi Kesehatan (SPAK), anda telah benar benar paham apa yang akan anda beli tersebut.  


Berikut hal hal yang wajib anda tanyakan pada agent resmi asuransi tersebut:

  • Ketahui dengan pasti seberapa jauh manfaat pertanggungan yang akan didapatkan
  • Bagaimana alur manfaat pertanggungan yang akan didapatkan nanti
  • Bagaimana jika mungkin telat bayar premi setoran
  • Bagaimana jika ada masalah kedepan nya
  • Siapa saja yang kita bisa contac jika ada masalah
  • Apakah 24 jam bisa di proses setiap claim nya
  • Seperti apa proses pencairan pertanggungan
  • Apa saja cara membayar premi tiap bulannya
  • Apa saja manfaat yang diberikan dan kondisi yang dipersyaratkan, dan pengecualian jaminannya, karena Hal ini bisa menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh pihak asuransi. 

 

Nah setelah anda bertanya dan paham maka cek polis sudah diterima, baca dengan teliti polis dan semua lampiran yang diterima. Bila tidak sesuai yang telah anda pahami, maka polis dapat dibatalkan atau dilakukan perubahan.

 

Selain hal hal di atas maka pahami juga bagaimana layanan prosedur klaim yang ditawarkan, mulai dari persyaratan, lama waktu klaim, dan lain sebagainya. Jangan sampai anda tidak paham karena akan sangat merepot kan nantinya masalah ini.


5. Pilihlah Premi Asuransi Sesuai dengan Kemampuan Finansial anda

Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial anda dan Jangan sampai premi asuransi mengganggu keuangan Anda. Ini penting...Selain itu juga Jika anda membeli asuransi kesehatan maka pilihlah asuransi kesehatan dengan rumah sakit rekanan yang luas. Hal ini penting karena dengan begitu dapat lebih memudahkan akses dan mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai perjanjian polis kapanpun dan dimanapun.

 

6. Pilih yang paling mudah Pelayanan Perusahaan Asuransi nya

Pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan pelayanan ekstra bagi para nasabahnya. Salah satu contohnya adalah layanan pelanggan 24 jam. Tentu Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda apabila Anda membutuhkan informasi detail seputar asuransi untuk jaga jaga misal dalam kondisi yang tidak terduga. 

 

Pastikan ada punya no pribadi atau WA agent resmi dimana asuransi tersebut bernaung. Hal ini penting, jadi kasih nama kontak yang mudah diingat, misal nya "Asuransi Joko". Jadi ketika ada yang penting anda tinggal cari di kontak dengan pencarian asuransi. Paham?

 

Demikian lah 6 Cara Tepat Memilih Agent Asuransi yang bisa kami sharing kan semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga. Sekali lagi jangan salah pilih ya....

Komentar

Tampilkan

Terkini