Upaya Menyiapkan Siswa Berkualitas Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler : Bagaimana menjadikan siswa yang berkualitas adalah impian semua pengejar. Berbagai cara dan metode pemberlajaran telah diterapkan untuk membuat siswa berkualitas. Dari mulai mencari Faktor Penyebab Kesulitan Belajar hingga Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Group Resume telah banyak dilakukan para pengajar yang tujuan nya adalah membuat siswa berkualitas. kali ini kita akan membahas Upaya Menyiapkan Siswa Berkualitas Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler.

Jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler ini sangat banyak dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan sekolah dewasa ini, sangat memungkinkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada setiap sekolah tidak sama dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada sekolah lain. Perbedaan ini tidak hanya pada jenisnya tetapi juga pada pengembangannya. Perbedaan ini dikarnakan perbedaan pandangan sekolah tentang tingkat kebutuhan terhadap kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh Sekolah yang bersangkutan.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Berbicara tentang pendidikan seolah-olah tidak akan pernah membosankan dan akan selalu menarik untuk dibahas. Hal itu karena pendidikan sudah merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Pendidikan adalah suatu jalan yang harus ditempuh oleh manusia yang ingin terangkat derajatnya. Dengan pendidikan manusia akan memperoleh ilmu sebagai dasar kebutuhan hidup, karena ia menjadi sarana yang sangat penting untuk bisa menjalani hidup, ia ibaratkan sayap yang manusia dapat terbang mengarungi kehidupan kapan dan dimana saja. Lebih dari itu, pendidikan bagi suatu bangsa merupakan cerminan pada kehidupan bangsa tersebut.

Pendidikan yang diselenggarakan di Madrasah ataupun di Sekolah pada dasarnya bertujuan untuk membentuk kualitas siswa yang menyeluruh dalam dua dimensi kehidupannya sebagai manusia, yaitu dimensi intelektualitas ( ilmu pengetahuan ) dan dimensi spiritualitas ( keagamaan ).

Terlebih lagi dewasa ini, pendidikan sangat berperan bagi seseorang dan demi kelanjutan bangsa. Mengingat begitu pentingnya masalah pendidikan, maka pemerintah perlu mengatur sistem ini, seperti halnya Undang-Undang No 20 tahu 2003 tentang sistem pendidikan Nasional. Tentunya langkah pemerintah tersebut dilakukan untuk mencapai cita-cita bangsa dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan demikian tidak ada pilihan lain bagi pemerintah selain mengatur dan menyelenggarakan system pendidikan yang baik. Dengan pendidikan yang baik diharapkan akan mampu menghasilkan out put pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Agama Islam memandang pendidikan sebagai suatu usaha yang harus ditempuh oleh setiap muslim laki-laki maupun perempuan. Islam merupakan agama ilmu pengetahuan dan memandang tidak sempurna agamanya seseorang yang hidup dalam kebodohan dan kegelapan.

Agama Islam dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan ibarat dua sisi keping mata uang. Islam sebagai pandangan agama dan pandangan hidup yang diyakini mutlak kebenarannya akan memberikan arah dan landasan etik serta moral dan pendidikan.

Untuk merealisasikan tujuan yang menyeluruh dari pendidikan ini, maka proses pendidikan yang diselenggarakan di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi diselenggarakan secara holistik dan komperhensif. Dengan kata lain, pendidikan harus berorientasi pada integrasi kecerdasan intelektual ( IQ ), kecerdasan emosional ( EQ ), dan kecerdasan spiritual (SQ ).

Oleh karena itu proses belajar mengajar tidak bisa bertumpu pada kegiatan kurikuler dan intrakurikuler, tetapi juga harus didukung oleh kegiatan-kegiatan pengembangan diluar kelas dan mengarah pada pembentukan watak dan kepribadian siswa yang matang. Disinilah peran dan manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler, yang seharusnya menjadi media pelatihan dan pendalaman bagi siswa untuk mengaplikasikan dan mengimplementasikan seluruh pengetahuan dan kemampuan akademiknya.

Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa bisa melatih dirinya agar benar-benar mampu memerankan dirinya dalam kehidupan sosial, sesuai dengan kapasitasnya sebagai insan terpelajar. Disamping itu melalui kegiatan ekstrakurikkuler siswa mempunyai ruang luas untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi, minat, dan bakat yang dimilikinya.

Pencapaian tujuan dari masing-masing lembaga pendidikan mempunyai cara tersendiri dalam mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan program pendidikan yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan tersebut.

Seperti yang dilakukan pihak sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Kabupaten Muaro Jambi, Salah satu program pendukung percepatan pencapaian tujuan pendidikan sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Kabupaten Muaro Jambi itu adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini pada dasarnya merupakan kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk membantu mengembangkan potensi anak didik yang tidak ter-cover melalui kegiatan pembelajaran sekaligus dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa manakala dilaksanakan dengan sebaik-baiknya berdasarkan rencana yang telah disusun secara matang.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi melibatkan berbagai banyak pihak. Salah satunya guru, Guru sebagai salah satu komponen yang ada dalam lembaga pendidikan merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan kegiatan diluar jam sekolah. Namun demikian guru tidak dapat melaksanakan tugas ini tanpa dukungan dari berbagai pihak, terutama kebijaksanaan kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi . Oleh karena itu kegiatan ekstrakurikuler inipun membutuhkan tenaga guru yang professional, memiliki hubungan yang fositif dengan siswa, memperhatikan (peduli) terhadap emosi siswa, menciptakan lingkungan yang nyaman (kondusif) untuk belajar.

Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi sebagaimana dengan Madrasah Tsanawiyah lainnya melaksanakan proses pembelajaran baik di kelas maupun diluar kelas. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler ini terdiri dari berbagai macam, misalnya pramuka, olah raga dan kesenian.

Selanjutnya kegiatan ekstrakurikuler mampu memberikan kematangan siswa dalam bersikap dan bahkan dapat mencapai prestasi yang luar biasa. Siswa dengan aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler diharapkan mereka akan merasa senang untuk bersosialisasi dengan teman-teman seperjuangan lainnya, dan menganggap bahwa Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi tersebut sebagai sumber inspirasi untuk memenuhi kebutuhan dan sekaigus sebagai penyalur minat dan bakat mereka, dan ternyata ekstrakurikuler bukan sekedar mengisi waktu luang saja.
Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi sangat penting dalam menumbuh kembangkan potensi siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTS) tersebut. Adapun jenis permasalahan yang ditemukan di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi luar Kota Kabupaten Muaro Jambi adalah : “ upaya Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi luar Kota Kabupaten Muaro Jambi dalam menyiapkan manusia-manusia berkualitas melalui ekstrakulikuler diharapkan mampu menjadi faktor yang signifikan dalam mengupayakan terciptanya lulusan pendidikan yang berkualitas dan memadai ”.

Berdasarkan pengamatan itu, penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pentingnya kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa/siswi, hususnya dalam menumbuh kembangkan potensi siswa. Ketertarikan penuis selanjutnya akan dituangkan dalam bentuk penelitian.

Dalam penulisan ini penulis mengangkat tema tentang “ Pelaksanaan Ekstrakurikuler Di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi ”

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka masalah pokok yang dimunculkan dalam penelitian ini adalah sejauh mana keikut sertaan siswa/siswi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuh kembangkan potensi siswa dan selanjutnya dapat dirumuskan menjadi tiga sub masalah sebagai berikut :

1. Apa saja kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin?

2. Bagaimanakah proses kegiatan ekstrakurikuler olahraga, pramuka, dan kesenian. Di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin?

3. Bagaimanakah hasil yang dicapai dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin?

C. Batasan Masalah

Penelitian tentang kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuh kembangkan potensi siswa tidak akan membahas seluruh jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin, tetapi hanya akan dibatasi kepada kegiatan belajar pramuka, kesenian, olah raga dan keagamaan saja.
Pembatasan ini dimaksud mengingat adanya keterbatasan-keterbatasan yang meliputi : kemampuan peneliti, waktu yang digunakan serta biaya yang digunakan.

D. Tujuan dan Kegunaan Penelitian

1. Tujuan penelitian
a. Ingin mengetahui bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin”?
b. Ingin mengetahui proses kegiatan ekstrakurikuler belajar prameka dan kesenian. di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin?
c. Ingin mengetahui hasil yang dicapai bagi siswa/siswi di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin?

2. Kegunaan Penelitian

a. Untuk dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi para guru di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin, khususnya guru yang mengajar kegiatan ekstrakurikuler dalam merancang dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler selanjutnya.
b. Untuk dijadikan sebagai bahan informasi bagi para siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Ihsan Nes Muhajirin tentang pentingnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuh kembangkan potensi siswa
c. Untuk menambah wawasan berfikir dan sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan.

Terimakasih telah membaca Upaya Menyiapkan Siswa Berkualitas Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler semoga bermanfaat dan terus berkunjung di blog Makalah Gratis untuk melihat update terbaru kami.

Filed under : Pendidikan, Skripsi Pendidikan,
Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran
  2. Perencanaan Pembelajaran
  3. Makalah Ilmu Sosial Budaya Dasar | Makalah ISBD
  4. Pengertian Kesulitan Belajar
  5. Fenomena Pendidikan Di Lingkungan Keluarga
  6. Jenis Jenis Motivasi Menurut Syah Muhibbin
  7. Contoh Skripsi Quantum Learning BAB II
  8. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Menurut Para Ahli
  9. Konsep Strategi Pembelajaran
  10. Faktor Penyebab Pencabulan Yang Dilakukan Anak Dan Upaya Penanggulangannya