BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Entah berapa tahun yang lalu sejak kita memasuki usia sekolah dasar, Kita tentu masih ingat bagaimana bapak Ibu Guru mengajarkan kepada kita untuk membaca dan menulis abjad. Dimulai dari pengenalan abjad mulai dari A sampai Z. Kemudian kita naik kelas, pelajaran berikutnya tidak hanya belajar abjad, tapi juga kata. Kemudian juga belajar bagaimana sebuah kata disusun sehingga menjadi sebuah kalimat yang baik dan bisa dimengerti oleh orang lain. Itulah yang dirasakan oleh siswa SDN I Dendang Kab.Tanjabtim, belajar bahasa indonesia yang merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus diikuti.

Itulah pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan oleh Bapak Ibu Guru sejak bangku Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, bahkan sampai ke Perguruan Tinggi kita masih terus mempelajari Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga merupakan mata pelajaran yang diikutsertakan dalam EBTANAS (jaman dulu) atau kalau jaman sekarang disebut dengan UAN.

Apakah pelajaran Bahasa Indonesia merupakan sesuatu yang penting?

Terimakasih telah berkunjung di blog Makalah Gratis, untuk membaca kelanjutan dari Metode Pembelajaran Demonstrasi Mengenai Membaca Puisi Karya Sendiri silahkan lihat di archive blog makalah gratis ini

Jawabannya iya, sangat penting. Kenapa penting, Salah satu alasannya adalah agar kita bisa menulis, berbicara dan menyampaikan ide dengan baik.

Pemahaman berbahasa dan keterampilan berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar sangat penting karena akan menentukan masa depan anak dan perkembangan psikis anak, serta menentukan keberhasilan pendidikan secara umum. Mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki fungsi yang strategis, yakni sebagai:

1. Sarana pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa
2. Sarana peningklatan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pelestarian dan pengembangan budaya
3. Sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk meraih dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4. Sarana penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia yang baik untuk berbagai keperluan menyangkut berbagai masalah,
5. Sarana pengembangan penalaran,dan
6. Sarana pemahaman beragam budaya Indonesia melalui khazanah kesusasteraan Indonesia (Kurikuluim KTSP).

Tujuan Mempelajari Bahasa Indonesia secara umum ini dilakukan untuk:

1. Menumbuhkan sikap bahasa yang positif terhadap bahasa Indonesia;
2. Menjadi bahasa pemersatu dari berbagai bahasa dari tiap daerah di Indonesia;
3. Kebanggaan terhadap bangsa Indonesia;
4. Kesetiaan akan bahasa Indonesia;
5. Meningkatkan kesadaran akan adanya norma dalam berbahasa dan secara khusus bertujuan untuk terampil berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Di Sekolah Dasar Negeri 1 Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur semua siswa dan siswi wajib mengikuti mata pelajaran ini dari kelas satu sampai dengan kelas enam. Selama proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut ternyata hasil pembelajaran yang diharapkan rendah khususnya pada pembelajaran membaca puisi. Padahal puisi dapcat dijadikan salah satu sarana para siswa untuk mengeluarkan pendapat dan ide kreatif mereka. Dari 25 orang siswa kelas V, hanya 8 orang saja yang bisa membaca puisi dengan baik. Sedangkan sisanya tidak mau tampil sama sekali.
Setelah dianalisis dengan ditemukan bahwa belum optimalnya hasil belajar karna:

1) Rendahnya minat dan motivasi siswa SD N 1 Kec. Dendang terhadap mata pelajaran bahasa indonesia,

2) kurang efektifnya metode pembelajaran yang dipakai atau yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Variabel yang dapat menentukan keberhasilan pelajaran bahasa Indonesia ditentukan oleh pengajar, pembelajar, bahan ajar, proses pembelajaran dan penilaian. Keberadaan pengembangan suatu metode pembelajaran pada pengajaran bahasa Indonesia dipandang sebagai tuntutan kebutuhan yang sangat mendasar. Dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran, dalam pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan Sekolah Dasar dapat menghasilkan lulusan yang memiliki dasar–dasar karakter, kecakapan keterampilan dan pengetahuan yang memadai.

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar diharapkan mampu mengembangkan dan mengarahkan siswa dengan segala potensi yang dimilikinya secara optimal, yaitu guru dapat mendorong siswa untuk berpikir secara kritis. Keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran dikelas, terkait dengan kemampuan guru, baik sebagai perancang pembelajaran maupun sebagai pelaksana dilapangan. Selain itu, guru dituntut mampu melakukan pembaharuan khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan merancang pembelajaran berdasarkan pengalaman belajar siswa sehingga menghasilkan pembelajaran yang bermakna (meaningfull learning).

Kebermaknaan proses dan hasil pembelajaran ditentukan pula oleh kinerja guru dalam unjuk kemampuan profesonalismenya di lapangan, mulai dari menyusun rancangan pembelajaran hingga pada tingkat operasionalnya dapat menggunakan beragam metode, media, sumber pembelajaran serta penilaian yang dikembangkan.

Kurang dapatnya keberhasilan dalam mencapai hasil belajar bukan sepenuhnya kesalahan dari siswa tapi guru juga menjadi penyebab dari kurang optimalnya hasil belajar. Berdasarkan latar belakang sebagaimana telah diuraikan diatas, maka dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti mengambil judul “UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI MENGENAI MEMBACA PUISI KARYA SENDIRI DI KELAS V SDN 1 KEC DENDANG KAB TANJAB TIMUR”

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, masalah yang akan dicoba dipecahkan adalah kurang tercapainya hasil belajar dan minat para siswa SDN 1 Dendang Kab.TANJABTIM. Untuk menapai hasil belajar yang diharapkan peneliti berusaha melakukan tindakan berupan penerapan model demonstrasi pada proses pembelajaran yang akan dilakukan. Oleh karena itu PTK ini merumuskan permasalahan sebagai berikut:”apakah dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SDN I Dendang Kab. TANJABTIM pada mata pelajaran bahasa indonesia”.

1.3 Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan, maka secara spesifik tujuan PTK ini adalah:
1. Meningkatkan minat belajar siswa di SDN 1 Dendang Kab.TANJABTIM agar siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih serius, enjoy,dan bersemangat sehingga nantinya siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

2. Meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Dendang Kab.TANJABTIM pada mata pelajaran bahasa indonesia hingga mencapai nilai rerata minimal 70.

1.4 Manfaat Hasil Penelitian

Jika tujuan dalam PTK dapat tercapai maka diharapkan dapat bermanfaat bagi:
1. Siswa SDN 1 Dendang Kab.TANJABTIM.
Siswa dapat lebih mudah dalam memahami proses pembelajaran dan siswa juga lebih termotivasi dalam melakukan pembelajaran

2. Guru Bahasa Indonesia
Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan serta menambah wawasan guru terhadap berbagai metode yang dapat dan cocok diterapkan dalam proses pembelajaran, guru juga dapat mengetahui dalam usaha memotivasi siswa agar bersemangat dalam belajar.

3. Sekolah
Dapat meningkatkan mutu sekolah dibidang pendidikan.

Terimakasih telah berkunjung di blog makalah gratis ini, untuk membaca bab selanjutnya dari Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi Mengenai Membaca Puisi Karya Sendiri silahkan anda cari di archive blog makalah gratis ini

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Identifikasi Jenis Jenis Lumut (Bryophyta) di Kebun Raya Bukit Sari
  2. Hubungan Nuansa Paikem Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi BAB II
  3. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa
  4. Upaya Menyiapkan Siswa Berkualitas Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler
  5. Pengaruh Penggunaan Teknik Skrambel Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
  6. Upaya Pemerintah Desa dalam Mempertahankan Hukum Adat
  7. Contoh Skripsi Dampak Pola Kemitraan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Kesejahteraan Masyarakat BAB II
  8. Meningkatkan Hasil Lari Sprint 100 Meter Melalui Latihan Variasi Speed Ladder Drill
  9. Pemanfaatan Tumbuhan Langka Kantong Semar | Nepenthes sp | Makalah Kantong Semar
  10. Penerapan Media Realia Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Bilangan Pecahan