Perencanaan Pembelajaran : Perencanaan yakni suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan dapat berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipatif guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pembelajaran atau pengajaran menurut Degeng, adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Dalam pengertian ini secara implisit dalam pengajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pengajaran yang diinginkan. Pemilihan, penetapan, dan pengembangan metode ini didasarkan pada kondisi pengajaran yang ada. Kegiatan ini pada dasarnya merupakan inti dari perencanaan pembelajaran.

Konsep pembelajaran yang dipakai memiliki maksud yang sama dengan konsep pembelajaran yang telah disusun sebelumnya (Uno, Hamzah:1998). Dalam hal ini istilah pembelajaran memiliki hakikat perencanaan atau perancangan (desain) sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. itulah sebabnya dalam belajar, siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru sebagai salah satu sumber belajar, tetapi mungkin berinteraksi dengan keseluruhan sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, pembelajaran memusatkan perhatian pada “bagaimana membelajarkan siswa” dan bukan pada “apa yang dipelajari siswa”.

Adapun perhatian terhadap apa yang dipelajari siswa merupakan bidang kajian dari kurikulum, yakni mengenai apa isi pembelajaran yang harus dipelajari siswa agar dapat tercapainya tujuan. pembelajaran lebih menekankan pada bagaimana cara agar tercapai tujuan tersebut. dalam kaitan ini hal-hal yang tidak bisa dilupakan untuk mencapai tujuan adalah bagaimana cara mengorganisasikan pembelajaran, bagaimana menyampaikan isi pembelajaran, dan bagaimana menata interaksi antara sumber-sumber belajar yang ada agar dapat berfungsi secara optimal.

Pembelajaran yang akan direncanakan memerlukan berbagai teori untuk merancangnya agar rencana pembelajaran yang disusun benar-benar dapat memenuhi harapan dan tujuan pembelajaran. untuk itu pembel ajaian sebagaimana disebut oleh Degeng (1989), Reigeluth (1983)8) sebagai suatu disiplin ilmu menaruh perhatian pada perbaikan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teori pembelajaran deskriptif, sedangkan rancangan pembela1aran mendekati tujuan yang sama dengan berpijak pada teori pembelajaran preskriptif.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Identifikasi Jenis Jenis Lumut (Bryophyta) di Kebun Raya Bukit Sari
  2. Model Pembelajaran Afektif dan Psikomotor
  3. Perkembangan Pertanian Organik Bagi Petani Indonesia
  4. Imitasi Genetik | Imitasi Perbandingan Genetis
  5. Kedudukan anak Perempuan Dalam Hukum Waris I Hukum Waris
  6. Part Of Human Body
  7. Proses Pengawetan Susu
  8. Islam dan Masalahnya
  9. Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Dengan Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Motivasi Dan Prestasi Siswa
  10. Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia