BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Rancangan Penelitian
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Borg dan Gall dalam Sugiyono (2010) menyatakan bahwa penelitian pengembangan merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau menvalidasi produk-produk yang akan digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran.
Penelitian yang dilakukan memanfaatkan program tertentu untuk membuat CD Multimedia Interaktif biologi pada pokok bahasan mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan yaitu Macromedia Flash 8. Selain itu peneliti juga melakukan penyebaran angket kepada siswa untuk melihat persepsi siswa terhadap manfaat penggunaan CD Multimedia Interaktif biologi pada pokok bahasan mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan dengan menggunakan Macromedia Flash 8.
3.2 Populasi dan Sampel
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2010). Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh materi pembelajaran biologi tingkat SMP dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah materi mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan yang terdiri dari beberapa sub materi, antara lain: Mengidentifikasi macam alat penyusun sistem pernapasan pada manusia, Membandingkan proses inspirasi dengan ekspirasi pada pernafasan dada dan perut, Mencari informasi tentang contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
3.3 Instrumen Penelitian
Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan membuat rancangan CD Multimedia Interaktif biologi pada pokok bahasan mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Sebelum digunakan untuk uji coba lapangan desain CD Multimedia Interaktif terlebih dahulu dengan menghadirkan ahli multimedia (Sugiyono, 2010). Selain itu dalam penelitian ini juga dilihat persepsi siswa terhadap Macromedia Flash 8 melalui penyebaran angket.
3.4 Pengumpulan Data
Untuk membuat CD Multimedia Interaktif ini terlebih dahulu dilakukan pengumpulan data berupa materi-materi yang berkaitan dengan mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Materi ini diperoleh dari kurikulum, buku pelajaran, internet, serta sumber lain yang relevan. Untuk melihat persepsi siswa tehadap manfaat CD Multimedia Interaktif biologi pada pokok bahasan mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dilakukan penyebaran angket.
Menurut Arikunto (2006) angket atau kuesioner merupakan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui. Jenis angket yang digunakan adalah angket terbuka dimana lebih lanjut Arikunto (2006) menyatakan angket terbuka merupakan angket atau kuesioner yang memberi kesempatan kepada responden untuk menjawab dengan kalimatnya sendiri.
Data yang diperoleh dari penyebaran angket adalah data kualitatif dan termasuk instrumen nontes. Pada instrumen nontes atau bersifat menghimpun dengan jawaban berstruktur. Jawaban tersebut dapat dijumlahkan sehingga diperoleh angka. Angka tersebut bukan skor atau data ordinal, interval, atau rasio tetapi data nominal yaitu frekuensi atau jumlah jawaban.
3.4.1 Angket dan Penyusunannya
            Agar kegiatan validasi desain terarah, peneneliti menyusun kisi-kisi validasi desain yang dipaparkan pada tabel 5 berikut ini:
Tabel 1. Kisi-Kisi Instrumen Validasi Desain Media Pembelajaran Biologi menggunakan Macromedia Flash 8
Variabel
Indikator
Deskriptor
No. Item Instrumen
Pembuatan CD Multimedia Interaktif biologi pada pokok bahasan mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan menggunakan Macromedia Flash 8
1. Tampilan tulisan
1.       Jenis huruf
2.       Ukuran huruf
3.       Kombinasi warna tulisan dengan background
4.       Penulisan judul
5.       Penggunaan kata
6.       Pola pengetikan
7.       Susunan kalimat pada slide
1.1
1.2
1.3
1.4
1.5
1.6
1.7
2. Materi
1.       Pemahaman materi
2.       Bahasa mudah dimengerti
3.       Pengorganisasian materi sistematis
4.       Pengorganisasian contoh soal sistematis
5.       Rentang waktu tampilan materi
6.       Memungkinkan siswa belajar mandiri
2.1
2.2
2.3
2.4
2.5
2.6
3. Tampilan gambar dan simulasi
1.       Warna gambar
2.       Ukuran gambar
3.       Keserasian gambar dengan latar
4.       Kecocokan gambar dan simulasi
5.       Tampilan simulasi materi system pernafasan
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
4. Tampilan animasi
1.       Animasi pada menu pembuka
2.       Animasi pada halaman utama
3.       Animasi pada materi 1
4.       Animasi pada materi 2
5.       Animasi pada materi 3
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
5. Tampilan audio-visual
1.       Variasi audio
2.       Kejelasan audio
3.       Kecocokan audio visual dengan materi
5.1
5.2
5.3
Untuk mempermudah dalam penyusunan angket, sebelumnya peneliti membuat kisi-kisi angket. Berikut tabel kisi-kisi angket persepsi siswa.
Tabel 2.  Kisi-Kisi Angket Persepsi Siswa terhadap Media Pembelajaran Biologi menggunakan Macromedia Flash 8
Variabel
Indikator
Deskriptor
Jumlah Item
No. Item Instrumen
Pembuatan CD Multimedia Interaktif biologi pada pokok bahasan mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan menggunakan Macromedia Flash 8
A.Manfaat media pembelajaran biologi dalam pembelajaran di kelas
1.       Variasi mengajar
2.       Menarik perhatian
3.       Keaktifan siswa
4.       Kejelasan makna
2
2
2
2
1, 2
3,4
5,6
7,8
B.Tampilan desain media pembelajaran biologi
1.       Penyajian materi
2.        Menu-menu dalam program
3.       Tingkat pemahaman siswa
2
2
2
9,10
11, 12
13, 14 
3.5 Analisa Data
          Teknik pembuatan CD Multimedia Interaktif memiliki beberapa tahap yaitu sebagai berikut:
1.        Menyiapkan area kerja Macromedia Flash 8.
2.        Pada halaman utama, buat lima tombol menu pilihan yaitu: pengantar, materi, latihan, sumber, profil. Flowchart untuk mata pelajaran Mendeskripsikani sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
3.        Buat dokumen baru untuk tiap submateri, yakni materi 1 yang berisi penjelasan mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan, materi 2 yang berisi mengidentifikasi macam alat penyusun sistem pernapasan pada manusia, materi 3 yang berisi Membandingkan proses inspirasi dengan ekspirasi pada pernafasan dada dan perut dan materi 4 yang berisi informasi tentang contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Buat animasi untuk tiap materi. Pada bagian sub materi berisikan 4 buah tombol yang sama seperti pada bagian pendahuluan.
4.         Buat dokumen baru untuk quiz, kemudian masukkan soal-soal yang telah disiapkan melalui action script. Pada bagian ini dibuat 10 tombol soal, 1 tombol submit, 4 tombol piliham jawaban, 1 tombol lanjutkan. Berikut ini desain tampilan menu quiz.
5.        Buat frame baru untuk sumber.
6.        Buat frame baru untuk profil.
7.        Untuk masing-masing frame yang telah dibuat, buat linknya ke halaman utama yang berisi 5 tombol tersebut.
8.        Setelah siap semua, transfer seluruh program yang telah dirancang ke dalam kaset CD-R dengan menggunakan program Nero.
9.        Menampilkan rancangan yang telah dibuat kepada siswa SMP kelas VIII dan melihat keefektifitas penggunaan media pembelajaran biologi dengan pemrograman Macromedia Flash 8 ini melalui persepsi siswa dengan cara menyebarkan angket yang telah disiapkan

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Pengaruh Strategi Permainan Scramble | Susunan Kata| Terhadap Hasil Belajar Siswa (BAB II)
  2. Contoh Skripsi Quantum Learning Bab III
  3. Contoh Proposal Skripsi Pendidikan
  4. Meningkatkan Hasil Lari Sprint 100 Meter Melalui Latihan Variasi Speed Ladder Drill
  5. Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi Mengenai Membaca Puisi Karya Sendiri
  6. Pengaruh Strategi Permainan Scramble | Susunan Kata| Terhadap Hasil Belajar Siswa (BAB I)
  7. Upaya Menyiapkan Siswa Berkualitas Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler
  8. Perbandingan Antara Latihan Menggunakan Media Trampolin Dengan Latihan Media Matras Busa
  9. Hubungan Nuansa Paikem Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi BAB II
  10. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Group Resume