Pengertian Prosa Fiksi Menurut Para Ahli : Pengertian prosa fiksi menurut para ahli dapat kita golongkan dalam beberapa kriteria, namun sebelum itu kita perlu membahas ragam karya sastra terlebih dahulu. Perlu anda ketahui Karya sastra menurut ragamnya dibedakan atas 3 hal yaitu :

  1. Prosa
  2. Puisi
  3. Drama

Nah Karya sastra fiksi atau ada juga yang menyebut cerita rekaan, merupakan salah satu jenis karya sastra yang beragam prosa. Dengan demikian pengetian prosa fiksi adalah kisah atau cerita yang diemban oleh palaku-pelaku tertentu.

Sedangkan Pengertian Prosa Fiksi Menurut Para Ahli adalah :

1. (aminuddin, 2002:66).

Pengetian prosa fiksi adalah kisah atau cerita yang diemban oleh palaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya sehingga menjalin suatu ceritera.

2.  M. Saleh Saad dan Anton M. Muliono (dalam Tjahyono, 1988:106)

Pengertian prosa fiksi (fiksi, prosa narasi, narasi, ceritera berplot, atau ceritera rekaan disingkat cerkan) adalah bentuk ceritera atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa, dan alur yang dihasilkan oleh daya imajinasi.

3. Sudjiman, (1984:17)

Prosa Fiksi  ini sama dengan istilah cerita rekaan, yaitu kisahan yang mempunyai tokoh, lakuan, dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi, dalam ragam prosa.

Logika dalam prosa fiksi adalah logika imajnatif, sedangkan logika dalam nonfiksi adalah logika factual.

Macam-macam prosa fiksi

Prosa fiksi dapat dibedakan atas pendek, novel dan roman.

Terimakasih telah membaca Pengertian Prosa Fiksi Menurut Para Ahli  semoga bermanfaat dan terus kunjungi blog Makalah Gratis untuk melihat update terbaru kami

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Hukum Pidana Adat
  2. Contoh Naskah Drama 8 Orang Tentang Kegiatan Sosial
  3. Pakaian Anti Pemerkosaan
  4. CINTAKU
  5. Dampak Negatif Makan Cepat
  6. Contoh Proposal Usaha Pembuatan Mie Ayam Angelandribet
  7. Permainan Permainan Masa Kecil Di Indonesia
  8. Contoh Surat Pelimpahan Hak
  9. Penggunaan Huruf Kapital Sesuai EYD | Penggunaan Huruf Besar Sesuai EYD
  10. Raja Gypsum