Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Kebugaran Jasmani SiswaPermainan Permainan Masa Kecil Di Indonesia sangat beragam dan kompleks. Semua permainan kecil tersebut dapat membantu kebugaran siswa. Jadi tidak hanya menggunakan alat dan cara yang mahal agar kita senantiasa bugar dan sehat. Kalau pada postingan lalu saya membuat Makalah Permainan Kecil Di Indonesia sekarang saya akan memberikan contoh skripsi porkes yang berjudul Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa. Semoga contoh skripsi ini dapat membantu

1.1 Latar Belakang Masalah

Pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu proses mewujudkan dan mencerdaskan kehidupan pembangunan bangsa secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pendidikan berperan dalam mengembangkan aspek-aspek kehidupan terutama dalam masa reformasi yang serta transparan seperti sekarang ini. Pendidikan pada dasarnya mempunyai peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dimana sasarannya adalah untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, baik sosial, spiritual, dan intelektual serta kemampuan yang profesional sebagaimana yang terdapat dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional itu adalah sebagai berikut: (Depdiknas RI 1993: 11)

”Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar jadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia , sehat, beriman, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratif secara bertanggung jawab”

Berdasarkan kutipan di atas jelaslah bagi kita bahwa pendidikan tersebut sangat mempunyai peranan penting untuk mewujudkan watak seseorang yamg akhirnya menjadi cerdas, yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak, mulia, sehat jasmani dan rohani dapat dilakukan dengan berbagai cara baik dilingkungan tempat tinggal maupun di sekolah.

Gusril (2004:184) mengatakan bahwa Kebugaran Jasmani adalah suatu kemampuan yang menitikberatkan pada fungsi-fungsi fisiologis, yaitu kemampuan jantung, pembuluh darah, paru, dan otot yang berfungsi pada efesiensi yang optimal. Untuk itu dalam meningkatkan kebugaran jasmani anak-anak, tentu orang tua harus menyeleksi bentuk-bentuk permainan yang dilakukan anak dan dapat merangsang komponen-komponen kebugaran jasmani seperti: ketahanan jantung paru, kekuatan otot, komposisi tubuh, dan fleksibel.

Sullivia dalam Efwilza (2002 :9) menyatakan Kebugaran Jasmani adalah suatu kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang normal dan giat dan penuh dengan kesiap siagaan, tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih mempunyai cadangan energi untuk menikmati kegiatan waktu senggang serta kejadian darurat yang datang tiba-tiba.
Dengan adanya bidang studi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diharapkan siswa dapat mempunyai kebugaran jasmani yang baik. Kebugaran Jasmani adalah aspek fisik dari kebugaran yang menyeluruh (total fitness) yang memberikan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif serta dapat menyesuaikan diri pada tiap-tiap pembebanan fisik yang layak. (Arsil,1999:9)

Berdasarkan yang dikemukakan diatas berarti kebugaran jasmani merupakan cermin dari kemampuan fungsi sistem-sistem dalam tubuh yang dapat mewujudkan suatu peningkatan kualitas hidup dalam setiap aktifitas fisik.

Kebugaran jasmani sangat dibutuhkan oleh setiap siswa untuk memperoleh ketangkasan, kesanggupan serta kemampuan belajar yang tinggi. Salah satu jalan untuk memelihara atau meningkatkan kebugaran jasmani dengan melakukan olahraga secara teratur dan aktifitas fisik sehari-hari yang bermanfaat untuk kesehatan. Sehubungan dengan itu, perlu digiatkan lagi pendidikan jasmani dan kesehatan di sekolah melalui berbagai permainan-permainan sebagai penunjang kebugaran jasmani serta meningkatkan minat belajar siswa di bidang olahraga. Jadi, jelas mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan perlu dilaksanakan di setiap sekolah sesuai dengan kurikulum pendidikan untuk membina kebugaran jasmani, kesehatan, dan rohani anak didik.

Berdasarkan hasil survey peneliti yang disampaikan oleh guru pendidikan jasmani menunjukkan bahwa siswa SMP N 16 Kerinci tingkat kebugaran jasmaninya sangat kurang. Pada saat siswa melakukan aktivitas olahraga selalu cepat mengalami kelelahan dan juga setelah siswa melakukan aktivitas olahraga pada saat proses belajar di kelas siswa selalu lesu dan cenderung tidak semangat mengikuti proses pembelajaran. Kemudian waktu yang digunakan untuk mengajarkan olahraga pendidikan jasmani SMP Negeri 16 Kerinci belum terealisasi dengan baik, sedangkan kebugaran jasmani siswa sangat menentukan kesuksesan dalam mengikuti belajar dan mengajar pendidikan jasmani dan olahraga tersebut.

Untuk mengatasi hal ini perlu diadakan latihan dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani siswa itu sendiri. Salah satu latihan yang digunakan adalah metode permainan kecil seperti permainan lempar tangkap bola, permainan penghadang, gerobak dorong dan perlombaan naik kuda. Dengan metode permainan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 16 Kerinci.

Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “ Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Putra SMP Negeri 16 Kerinci”.

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian di atas maka dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut:
1. Kurangnya kemampuan Kebugaran Jasmani Siswa?
2. Kurangnya latihan penunjang untuk meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa?
3. Kurangnya pemahaman tentang teknik yang benar dalam melakukan aktivitas Olahraga?

1.3 Pembatasan Masalah
Dari berbagai masalah yang muncul maka perlu diadakan pembatasan masalah agar penelitian ini mendalam pengkajiannya. Adapun pembatasan masalah adalah: Pengaruh Permainan Kecil Lempar tangkap bola, lari penghadang, gerobak dorong dan perlombaan naik kuda Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Putra SMP Negeri 16 Kerinci.

1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang masalah dan identifikasi masalah dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut Apakah terdapat pengaruh permainan kecil terhadap kebugaran jasmani siswa Putra SMP Negeri 16 Kerinci?

1.5 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Putra SMP Negeri 16 Kerinci.

.1.6 Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan berguna sebagai:
1. Sebagai bahan masukan bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti masalah ini secara mendalam.
2. Untuk Guru pendidikan Jasmani hasil penelitian ini bermanfaat dalam menyusun program latihan khusus nya pada peningkatan kebugaran jasmani.
3. Sebagai bahan pertimbangan bagi SMP Negeri 16 Kerinci dalam usaha meningkatkan kebugaran jasmani siswa.
4. Sebagai bahan informasi dan motivasi bagi siswa dalam upaya peningkatan kebugaran jasmani.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Hubungan Antara Kekuatan Dengan Keseimbangan Terhadap Kemampuan gerak Dasar Tolak Peluru
  2. Pengaruh Latihan Knee Tuck Jump Dan Barrier Hops Terhadap Peningkatan Hasil Jump Smash Pemain Bulutangkis
  3. Pengaruh Latihan Variasi Lempar Bola Terhadap Hasil Lempar Lembing
  4. Pengaruh Latihan Gabungan Kecepatan, Kelincahan, dan Reaksi Pada Teknik Counter Attack Atlet Gulat
  5. Pengaruh Latihan Shadow Terhadap Kelincahan Pemain Bulutangkis
  6. Analissi Kondisi Fisik Pemain Bulutangkis Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Pada Siswa Putra SMA Negeri 3 Batanghari
  7. Pengaruh Latihan Multi Zig-Zag Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola
  8. Study Kesehatan Tentang Kesehatan Pemain Tenis Lapangan Usia 56 Tahun ke Atas
  9. Meningkatkan Hasil Lari Sprint 100 Meter Melalui Latihan Variasi Speed Ladder Drill
  10. Hubungan Antara Kekuatan Dengan Keseimbangan Terhadap Kemampuan gerak Dasar Tolak Peluru BAB II