Pengaruh Latihan Shadow Terhadap Kelincahan Pemain Bulutangkis : Olahraga merupakan sarana penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Selain untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, olahraga juga sebagai salah satu sarana yang dapat mengangkat harkat dan martabat suatu bangsa.

ABSTRAK

Kata kunci: latihan Shadow, kelincahan pemain Bulutangkis.

Permainan bulutangkis merupakan permainan yang bersifat individual yang dapat di lakukan dengan cara satu orang melawan satu orang atau dua orang melawan dua orang. Permainan ini menggunakan raket sebagai alat pemukul dan kok sebagai objek pukul,lapangan permainan berbentuk segi empat dan di batasi oleh net untuk memisahkan antara daerah permainan sendiri dan daerah permainan lawan. Tujuan permainan bulutangkis adalah berusaha untuk menjatuhkan kok dan menjatuhkannya di daerah permainan lawan dan berusaha lawan tidak dapat memukul kok dan menjatuhkannya di daerah permainan sendiri. Pada saat permainan berlangsung masing-masing pemain harus berusaha kok tidak menyentuh lantai di daerah permainan sendiri. Apabila kok jatuh di lantai atau menyangkut di net,maka permainan terhenti.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh latihan Shadow terhadap kelincahan pemain Bulutangkis Pemula P.B Sinar Muda Kabupaten Muaro Jambi.

Eksperimen penelitian dilakukan selama 6 minggu seminggu 3 kali pertemuan di P.B Sinar Muda Kabupaten Muaro Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah dengan pola “One group pree-test and post-test design”. Instrumen penelitian atau alat ukur yang digunakan diambil dengan teknik tes. Dalam penelitian ini pengukuran dilakukan dengan pengukuran hasil kelincahan menggunakan tes Hexagonal obstakel terhadap subyek penelitian yang dilakukan melalui tes awal dan tes akhir dari Latihan shadow.

Berdasarkan uji perbedaan yang dilakukan terhadap hasil tes awal dan tes akhir dengan uji Normalitas, homogenitas dan uji Hipotesis. Dari Hasil uji normalitas didapat L hitung < L tabel yaitu pada pre test dan pos test sebesar -0,1067, 0,0068< 0,190, hasil dari uji homogenitas varians menunjukkan bahwa F hitung < F tabel yaitu, 1,18< F tabel 3,74, sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai t = 6,8275 Sedangkan nilai ttabel = 1,7613 ternyata t yang diperoleh lebih besar dari t dalam tabel, yang berarti hipotesis Ho diterima sehingga Ha ditolak. Dengan demikian bahwa Latihan shadow dapat meningkatkan hasil kelincahan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat di simpulkan bahwa Terdapat Pengaruh latihan Shadow terhadap kelincahan pemain Bulutangkis Pemula P.B Sinar Muda Kabupaten Muaro Jambi.

PENDAHULUAN

Satu fenomena yang terjadi di tempat sarana berlatih pemain bulutangkis PB Sinar Muda Kabupaten Muaro Jambi, terdapat pemain yang terlatih dan ada beberapa kategori atlit yaitu kategori dewasa, remaja dan pemula, yang jadi masalah bagi para pemain adalah kurangnya kelincahan pada para pemain untuk melakukan pergerakan dengan cepat,baik ke kanan, kekiri, depan maupun kebelakang untuk menyongsong pergerakan shuttlecock. Sehingga akibatnya sering kali shuttlecock jatuh kelantai terlebih dahulu sebelum pemain sempat menyambut raket nya atau bahkan pemain terjatuh ketika bergerak kebelakang.

II. TINJAUAN PUSTAKA

Hakikat Bulutangkis

Menurut Herman Subardjah (1999/2000:13) permainan bulutangkis merupakan permainan yang bersifat individual yang dapat di lakukan dengan cara satu orang melawan satu orang atau dua orang melawan dua orang. Permainan ini menggunakan raket sebagai alat pemukul dan kok sebagai objek pukul,lapangan permainan berbentuk segi empat dan di batasi oleh net untuk memisahkan antara daerah permainan sendiri dan daerah permainan lawan. Tujuan permainan bulutangkis adalah berusaha untuk menjatuhkan kok dan menjatuhkannya di daerah permainan lawan dan berusaha lawan tidak dapat memukul kok dan menjatuhkannya di daerah permainan sendiri.

Hakekat Kelincahan

Kelincahan merupakan salah satu komponen kesegaran jasmani yang sangat diperlukan pada semua aktifitas yang membutuhkan kecepatan perubahan posisi tubuh dan bagian-bagiannya. Di samping itu kelincahan merupakan prasyarat untuk mempelajari dan memperbaiki keterampilan gerak dan teknik olahraga, terutama gerakan-gerakan yang membutuhkan koordinasi gerak, seperti yang dikemukakan oleh Ismaryati (2008:41) bahwa kelincahan adalah penting untuk jenis olahraga yang membutuhkan adaptasi yang tinggi terhadap perubahan-perubahan situasi dalam pertandingan.

Hakekat Latihan

Latihan menurut Zimerman (2001: 8) terjemahan dari Paulus Levinus Pasurney adalah kumpulan pengertian dari semua usaha dalam proses peningkatan prestasi (termasuk pula usaha untuk mempertahankan prestasi). Sisi biologi kedokteran olahraga pada proses peningkatan prestasi ini, dilakukan rangsangan-rangsangan yang meningkat melalui gerak-gerak yang terarah dan sistematis dengan tujuan terjadi penyesuaian pada otot dan fungsi organ tubuh.

Prinsip-Prinsip latihan

Latihan harus berpedoman pada teori dan prinsip latihan yang benar dan sudah diterima secara universal. Tanpa berpedoman pada teori dan prinsip latihan, latihan sering kali menjurus ke praktek mala pelatih (Mal-praktek) dan latihan tidak sistematis-metodis sehingga peningkatan prestasi tidak tercapai. Menurut Tohar (2002 :4) prinsip-prinsip latihan yang paling penting untuk dijadikan pedoman dalam meningkatkan prestasi dan performa dalam olahraga adalah:
a) Pemanasan tubuh (Warming Up),
b) Metode latihan.
c) Berfikir positif.
d) Prinsip beban lebih.
e) Intensitas latihan.

Hakekat Shadow

Shadow atau bayangan adalah salah satu teknik latihan yang sangat efektif dan dilakukan tanpa banyak menggunakan cock, hanya saja langkah untuk meningkatkan kelincahan pada bulutangkis. Latihan shadow ini dapat dilakukan gerakan sebelum melakukan pertandingan atau saat melakukan latihan fisik.

Shadow atau bayangan adalah latihan memindahkan Bola dalam setengah lapangan, ada enam titik sudut yaitu dua sudut kiri dan kanan depan, dua titik kiri – kanan tengah, dan dua sudut kiri – kanan belakang. letakan lima cock dimasing-masing dua sudut dan kosongkan satu sudut depan, sehingga hanya ada lima sudut yang terisi cock. Lalu berdiri ditengah ambil cock disudut mana saja lalu kembali ke tengah dan taruh di sudut yang kosong lalu kembali ke tengah, begitu selanjutnya sehingga lima sudut yang berisi cock kosong sehingga terkumpul di satu sudut yg kosong.

Untuk contoh skripsi porkes lengkap Pengaruh Latihan Shadow Terhadap Kelincahan Pemain Bulutangkis silahkan baca di kumpulan judul skripsi porkes di blog Makalah Gratis ini

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Analissi Kondisi Fisik Pemain Bulutangkis Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Pada Siswa Putra SMA Negeri 3 Batanghari
  2. Pengaruh Latihan Gabungan Kecepatan, Kelincahan, dan Reaksi Pada Teknik Counter Attack Atlet Gulat
  3. Study Kesehatan Tentang Kesehatan Pemain Tenis Lapangan Usia 56 Tahun ke Atas
  4. Hubungan Antara Kekuatan Dengan Keseimbangan Terhadap Kemampuan gerak Dasar Tolak Peluru BAB II
  5. Hubungan Kekuatan Otot Tungkai Dan Otot Lengan Terhadap Kecepatan Smash Bola Voli
  6. Pengaruh Latihan Multi Zig-Zag Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola
  7. Pengaruh Latihan Knee Tuck Jump Dan Barrier Hops Terhadap Peningkatan Hasil Jump Smash Pemain Bulutangkis
  8. Hubungan Antara Kekuatan Dengan Keseimbangan Terhadap Kemampuan gerak Dasar Tolak Peluru
  9. Meningkatkan Hasil Lari Sprint 100 Meter Melalui Latihan Variasi Speed Ladder Drill
  10. Pengaruh Latihan Variasi Lempar Bola Terhadap Hasil Lempar Lembing