Pengaruh Latihan Multi Zig-Zag Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola
ABSTRAK

Haramuda Topan, 2012, Pengaruh Latihan Multi Zig-Zag Dan Lari Sprint 30 M Terhadap Kemampuan Menggiring Bola dalam permainan sepak bola Pada siswa kelas VII SMP Harapan Bangsa, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. H. Haryanto M.Kes, Pembimbing (II) Muhammad Ali S.Pd. M.Pd.

Kata kunci : latihan multi zig-zag dan Lari Sprint 30 M, terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola

Olahraga ialah suatu aktifitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat, menjadi pemain sepak bola yang baik tentu saja harus mengetahui teknik-teknik bermain sepak bola salah satunya teknik dasar dribbling (menggirng bola). Dengan latihan multi zig-zag dan Lari spint diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menggiring bola (dribbling) dalam permainan sepak bola.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan apa tidak pengaruh latihan multi zig-zag terhadap kemampuan menggiring bola Pada siswa kelas VII SMP Harapan Bangsa.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jumlah 30 sampel. Teknik pengambilan sampel dengan cara sampel bersyarat , semua populasi yang memenuhi syarat sampel dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test kemampuan menggirng bola (dribbling) dalam permainan sepak bola. Latihan dilakukan dengan delapan belas kali pertemuan dengan frekuensi latihan tiga kali dalam satu minggu.

Menggunakan analisis data uji-t yang dan diperoleh hasil yang menunjukkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan multi zig-zag dan lari sprint terhadap kemampuan menggiring bola Pada siswa kelas VII SMP Harapan Bangsa dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung 11,2 > ttabel 1,69.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan multi zig-zag dan lari sprint terhadap kemampuan menggirng bola Pada siswa kelas VII SMP Harapan Bangsa

Untuk BAB 1 Pengaruh Latihan Multi Zig-Zag Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam  Permainan Sepak Bola Dapat anda baca di Contoh Skripsi Pendidikan Lengkap pada blog Makalah Gratis ini

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa
  2. Pengaruh Latihan Shadow Terhadap Kelincahan Pemain Bulutangkis
  3. Hubungan Kekuatan Otot Tungkai Dan Otot Lengan Terhadap Kecepatan Smash Bola Voli
  4. Pengaruh Latihan Knee Tuck Jump Dan Barrier Hops Terhadap Peningkatan Hasil Jump Smash Pemain Bulutangkis
  5. Analissi Kondisi Fisik Pemain Bulutangkis Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Pada Siswa Putra SMA Negeri 3 Batanghari
  6. Hubungan Antara Kekuatan Dengan Keseimbangan Terhadap Kemampuan gerak Dasar Tolak Peluru BAB II
  7. Meningkatkan Hasil Lari Sprint 100 Meter Melalui Latihan Variasi Speed Ladder Drill
  8. Hubungan Antara Kekuatan Dengan Keseimbangan Terhadap Kemampuan gerak Dasar Tolak Peluru
  9. Pengaruh Latihan Gabungan Kecepatan, Kelincahan, dan Reaksi Pada Teknik Counter Attack Atlet Gulat
  10. Study Kesehatan Tentang Kesehatan Pemain Tenis Lapangan Usia 56 Tahun ke Atas