BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Defenisi-Defenisi

1. Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial antara individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara langsung mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. (Philip Khotler,manajemen pemasaran 2003,hal 10)

2. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan pemilihan, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan tujuan-tujuan organisasi.(Kotler,manajemen pemasaran 1997 hal 3 )

3. Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah konsep pemasaran yang menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi menjadi lebih efektif dari pada pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.

4. Pemasaran Jasa

Pemasaran jasa adalah proses pertukaran yang dilakukan antara individu dan kelompok untuk memenuhi kebutuhan akan kegiatan yang memiliki unsure ketidak berwujudan dimana tidak terjadi pemindahan kepemilikan. (Andrian Payne, pemasaran jasa hal 27)

5. Jasa

Jasa adalah setiap tindakan yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain secara prinsip intangible dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun, produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terkait pada suatu produk fisik.

6. Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah campuran dari variable-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan dipergunakan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan. Bauran pemasaran terdiri dari, yaitu :

1. Product ( Produk )

Produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar agar bisa diperhatikan , diminati, dipakai atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga dapat mencapai suatu strategi pengenalan sebuah produk kepada konsumen.

Ada bebarapa faktor penting yang wajib diperhatikan perusahaan dalam menyusun staretegi produk mereka.

1) Pemilihan segmen pasar

2) Pengertian tentang hakikat produk di mata pembeli

3) Strategi produk

4) Siklus kehidupan produk

2. Price ( Harga )

Price adalah sejumlah uang yang dibayarkan kepada produsen untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya.Menurut para ahli harga terdiri atas nilai dan faedah (utility) yang sangat berkaitan erat. Utility adalah atribut suatu produk yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen. Sedangkan nilai adalah kekuatan suatu barang untuk menarik barang lain dalam penukaran.

Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan. Di samping itu, harga merupakan unsur bauran pemasaran yang bersifat fleksibel.

3. Place (tempat)

Suatu tempat dimana perusahaan itu menjalankan usahanya.Dan demi kelancaran usahanya yang dijalankan perusahaan harus mampu memilih tempat yang strategis.

4. Promotion (promosi)

Promosi adalah arus informasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Promosi merupakan salah satu variable yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan para calon nasabah. Promosi juga sering dikatakan sebagai proses berlanjut karena dapat menimbulkan rangkain kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Tujuan kegiatan promosi adalah untuk meningkatkan volume penjualan, serta mengatasi persaingan dengan perusahaan lain.

7. Strategi promosi

Adalah sebuah terkaendali dan terpadu dari metode komunikasi dan material yang dirancang untuk menghadirkan perusahaan produk-produknya kepada calon nasabah dan menyampaikan produk dan ciri-cirinya yang memuaskan kebutuhan untuk mendorong penjualan yang pada akhirnya memberi kontribusi kepada kinerja laba jangka panjang. (Harper W.Boyo,JP.(2000,hal 65)

8. Bank

Bank secara sederhana dapat diartikan lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa Bank lainya.

• Pengertian Perbankan adalah lembaga keuangan yang memiliki tugas untuk menciptakan uang, pengumpul dana, pemberi kredit, mempermudah pembayaran dan penagihan dan dinamisator pertumbuhan ekonomi ( Hasibun 1993 ).

• Menurut undang-undang RI No.10 1998 tentang Perbankan. UU tersebut memungkinkan bank beroperasi sepenuhnya secara Syariah atau dengan membuka cabang khusus syariah. Dinyatakan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkanya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya Secara sederhana dapat disebutkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian Bank adalah suatu lembaga yang kegiatan utama,menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kemasyarakat serta, memberikan jasa bank lainnya. Bank yang sebagai lembaga keuangan berupa untuk menarik dana dari masyarakat sebanyak-banyaknya Serta menyalurkan kembali kepada masyarakat guna membiayai pembangunan atau kata lain bahwa Bank merupakan tempat, bagi perusahaan, lembaga, pemerintahan, swasta maupun perseorangan untuk menyimpan dana. Dana yang bersumber dari masyarakat pada umumnya berbentuk simpanan contoh, Giro, Deposito, dan Tabungan dengan bermacam-macam fasilitasnya.

Produk yang ada pada Bank Syariah Mandiri KCP Sipin Jambi adalah sebagai berikut:

1. Tabungan Berencana BSM

Tabungan Berencana BSM adalahtabungan berjagka yang memberikan nisbah bagi hasil berjenjang serta kepastian pencapaian target yang telah di tetapkan.

2. T abungan Mabrur BSM

Tabungan Mabrur BSM adalah Tabungan dalam mata uang Rupiah yang di rancang untuk membantu pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

3. Talangan Haji BSM

Pembiayaan dana talangan haji adalah pinjaman dana dari bank kepada nasabah khusus untuk menutupi kekurangan dana untuk memperoleh porsi haji.

4. Remittance multi-currencies

BSM Remittance multi-currencies merpakan layanan transfer valuta asing(valas) dari Indonesia kepada beneficiary (penerima dana) di luar negeri dalam berbagai mata uang sing dengan menggunakan payment instruction berbasis SWIFT.

5. Deposito BSM

Deposito BSM merupakan investasi berjangka waktu tertentu dalam mata uang rupiah yang dikelola berdasarkanprinsip Mudharabah Muthlaqah.

6. Gadai Emas BSM

Manfaatkan emas anda untuk mendapatkan dana dalam mengatasi kebutuhan biaya pendidikan, modal usaha, biaya pengobatan, penelenggaraan hajatan dan kebutuhan lainnya.

7. Card BSM

BSM Card merupakan kartu yang dapat dipergunakan untuk transaksi perbankkan melalui ATM dan mesin debit (EDC/Electronic Data Capture).

2.2 Ketentuan Umum

Istilah

1. Bank adalah PT Bank Syariah Mandiri.

2. Dana Talangan Haji adalah pembiayaan dengan menggunakan akad qardh wal ijarah yang diberikan kepada nasabah calon haji dalam rangka memperoleh nomor porsi atau pelunasan BPIH.

3. Pembiayaan adalah penyediaan dana atau tagihan/piutang yang dapat dipersamakan dengan itu dalam:

a. transaksi investasi yang didasarkan antara lain atas Akad Mudharabah dan/atau Musyarakah;

b. transaksi sewa yang didasarkan antara lain atas Akad Ijarah atau Akad Ijarah dengan opsi perpindahan hak milik (Ijarah Muntahiyah bit Tamlik);

c. transaksi jual beli yang didasarkan antara lain atas Akad Murabahah, Salam, dan Istishna;

d. transaksi pinjaman yang didasarkan antara lain atas Akad Qardh; dan

e. transaksi multijasa yang didasarkan antara lain atas Akad Ijarah atau Kafalah.

4. Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) adalah biaya yang dikeluarkan calon haji untuk menunaikan ibadah haji yang besarnya ditetapkan oleh Pemerintah.

5. Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) adalah sistem komputerisasi haji terpadu berupa jaringan komputer yang tersambung secara on line dan real time antara Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Departemen Agama RI dengan Bank Penerima Setoran BPIH.

6. Qardh wal ijarah adalah akad yang terjadi antara Bank dengan nasabah (calon haji) sehubungan dengan pemberian pinjaman uang oleh Bank kepada nasabah untuk memenuhi syarat mendapatkan porsi atau pelunasan BPIH. Bank memungut fee/biaya administrasi yang wajar atas jasa Bank dalam pengurusan kepentingan nasabah.

7. Tabungan Mabrur BSM adalah media penyimpanan dana dalam bentuk tabungan di Bank yang diperuntukkan bagi masyarakat muslim yang berencana untuk menunaikan ibadah haji dengan sistem tabungan mudharabah al mutlaqah.

8. Tabungan BSM adalah media penyimpanan dana dalam bentuk tabungan di Bank yang penarikannya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati dengan sistem tabungan mudharabah al mutlaqah.

9. PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) adalah penyelenggara ibadah haji dengan pelayanan khusus yang mendapat ijin dari Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Departemen Agama RI atas nama Menteri Agama.

10. Nasabah adalah calon haji yang telah mendapat persetujuan Bank untuk memperoleh fasilitas Dana Talangan Haji.

11. KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) adalah lembaga yang memiliki kegiatan melakukan bimbingan ibadah haji baik berbentuk yayasan maupun badan usaha (PT, CV, Koperasi, dan lain-lain).

12. Porsi adalah jumlah batasan alokasi pendaftaran jamaah haji yang ditetapkan oleh Menteri Agama.

13. Nomor Porsi adalah nomor urutan bagi calon haji yang diberikan secara otomatis oleh Siskohat pada saat melakukan penyetoran awal BPIH.

14. Calon Haji adalah perorangan yang merencanakan untuk menunaikan ibadah haji.

15. Channeling adalah mekanisme penyaluran pembiayaan kepada end user (calon haji) melalui koordinator (KBIH/PIHK).

16. Joint Collateral/Agunan Bersama adalah penggunaan agunan untuk menjamin beberapa fasilitas pembiayaan nasabah baik dalam satu akad atau terdiri daru beberapa akad pembiayaan.

Silahkan baca

Makalah Pengembangan Pelayanan Nasabah Talangan Haji Di Bank Syariah Mandiri Kcp Sipin Jambi 3

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Perbedaan Pap Smear Dan Thin Prep
  2. Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia
  3. Aneka Pesanan Kue Lebaran Lapis Legit dan Masubah
  4. Dampak Negatif Makan Cepat
  5. Sistem Saraf dan Reflek
  6. Hubungan Iklim Dan Komponen Pertanian
  7. ALELOPATI
  8. Indera Pengecap
  9. CTG Investment Corporatio, Online Business
  10. Menentukan Lokus Tumbuh Pada Tumbuhan