Sebelum kita membahasa macam macam atau jenis jenis susu pada postingan saya sebelum nya kita telah membahas Proses Pengawetan Susu, nah sebelum ke jenis jenis susu sekarang kita lihat dulu lemak yang terkandung dalam susu itu sendiri:

Susu segar 3,1 % mengandung lemak

Whole milk atau susu utuh : evaporated milk 7,5 % dan condensed milk 8 %

Full Cream, karena mengandung lemak 26 %, rasanya menjadi lbh gurih

Skim Milk (nonfat milk), susu yang kandungan lemaknya  1,5 %

Filled Milk adalah susu yg sebagian atau semua lemaknya diganti dg lemak atau minyak nabati yg setara.

Contohnya, ada Sweetened condensed filled milk, Evaporated filled milk dsb.

Macam Macam atau Jenis Jenis Susu

Beberapa jenis susu diproses dg mengurangi sebagian jumlah airnya.

Tergantung pada cara prosesnya, maka ada susu hasil penguapan (evaporated), susu kental manis (condensed milk) dan susu bubuk (baik yg instant atau non instant). Dari mengurangi kadar air itu maka di dapatlah jenis susu antara lain :

INSTANT MILK POWDER

Susu bubuk diperoleh dengan mengurangi kadar air hingga tinggal 4 %. Susu bubuk instan diproses dengan teknologi khusus, susu dikeringkan dengan pengering semprot yg memungkinkan setiap partikel mendapat panas yangg cukup. Dengan teknik ini susu menjadi mudah larut, baik di air dingin maupun panas.

SUSU BUBUK NON INSTANT

Diproses dengan pengeringan drum. Hasilnya berupa serpih (flakes) yg kemudian digiling dan diayak. Bubuk yang dihasilkan kurang larut dalam air dingin.

EVAPORATED MILK

Atau susu evaporasi adalah susu yang sudah dikurangi kadar airnya (dengan proses penguapan hampa hingga mencapai kepekatan tertentu) dan sudah mengalami sterilisasi. Bentuknya cair, rasanya tawar dan warnanya tdk putih tp cenderung coklat muda. Ada yg campuran dg minyak nabati (filled milk). Dijual dalam kemasan kaleng. Dan untuk pemakaiannya perlu ditambah dengan air (sesuai petunjuk kemasan).

Contohnya : Merk Carnation, F&N dan Marigold.

CONDENSED MILK

Atau lebih dikenal dengan nama susu kental manis. Dibuat dengan teknologi evaporasi tetapi dengan penambahan gula. Teksturnya kental dan rasanya manis. Dijual dalam kemasan kaleng dengan 2 macam pilihan rasa, yaitu putih dan coklat.

Contoh : merk Indomilk, Cap Bendera, Ultramilk, Carnation.

BUTTERMILK

Adalah cairan/larutan asam yang dibuat dari susu yang telah ditambah dengan zat yang bersifat asam seperti cuka atau air lemon, ataupun bakteri asam susu (seperti pada yoghurt). Dengan demikian buttermilk memiliki rasa sedikit asam dan teksturnya sedikit menggumpal (creamy).

Utk skala komersial, buttermilk dibuat dengan penambahan bakteri. Tetapi utk keperluan skala rumah tangga, buttermilk dpt dibuat sendiri atau diganti dengan :

1 cup buttermilk = 1 cup yoghurt

1 cup buttermilk = 1 cup susu segar PLUS 1 sdm cuka atau air lemon (aduk dan biarkan 10-15 menit )

1 cup buttermilk = 1 cup susu segar PLUS 1-3/4 sdt cream of tartar

1 cup buttermilk = 1 cup air PLUS 4 sdm buttermilk bubuk

1 cup buttermilk = 1/4 cup susu PLUS 3/4 cup yogurt

SUSU KEDELAI atau SOYA MILK

Adalah susu yang dibuat dari kacang kedelai. Caranya, cuci 1/4 kg kacang kedelai lalu rendam dengan air selama 2-3 jam lalu tiriskan. Blender dengan air secukupnya lalu saring.

Rebus sampai mendidih dengan selembar daun pandan. Tambahkan gula sesuai selera. Untuk cita rasa yang lain dpt direbus dengan 2 batang serai dan 2 ruas jahe yang sudah digeprak.

YOGHURT atau Yogurt

Adalah susu yang sudah mengalami proses fermentasi (penambahan bakteri starter dalam susu) shg laktosa (gula susu)nya diubah menjadi asam susu. Proses ini membentuk tekstur susu mengental seperti gel.

Bakteri starter (Lactobacillus sp atau Sterptococcus sp), bisa didapat dari biakan (bibit) murni atau dari yoghurt yang belum dipasteurisasi. Yoghurt yang dijual dipasaran ada yang mikrobanya msh hidup, ada jg yang sudah dimatikan (dipasteurisasi). Satu setengah sendok teh yoghurt, cukup utk memfermentasi 3 gelas susu. Setelah 12 jam pada suhu ruang akan terbentuk yoghurt.

KRIM atau KEPALA SUSU (FRESH CREAM)

Krim yang mengandung lemak susu ini tampak dipermukaan susu segar yang didiamkan atau sengaja dipisahkan melalui proses. Kekentalan dan warna lemak susu ditentukan oleh jenis sapi dan kualitas makanannya. Krim sangat lembut dan rasanya sangat gurih shg menambah cita rasa pudding, cake, soup atau hidangan lain.

LACTOSE INTOLERANCE

Adalah keadaan dimana di dlm tubuh seseorang tdk memiliki atau sedikit menghasilkan enzim LAKTASE, shg tdk dpt menguraikan laktosa (gula susu) menjadi gula yang lbh sederhana.

Akibatnya, bila orang tersebut mengkonsumsi susu akan muncul gejala perut kembung, kram serta diare.

Bagi mereka yang intolerance, dianjurkan mengkonsumsi susu yang telah difermentasi seperti Yoghurt (yang laktosanya sudah diuraikan).

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Proses Pengawetan Susu