Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Intensitas Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi

Contoh Proposal Skripsi

Contoh skripsi terlengkap

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

DiajukanOleh :
RIKIANDI
A1A106028

BAB I
PENDAHULUAN

Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Intensitas Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi

1.1 Latar Belakang Masalah
Berdasarkan UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pendidikan pada dasarnya merupakan sesuatu yang dilakukan secara sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan berpikir atau bernalar. Pendidikan juga berfungsi dalam membimbing, mengarahkan dan menuntun siswa kepada suatu proses berpikir logis, ilmiah dan bertanggung jawab, sehingga nantinya diperoleh generasi handal dan kompeten pada bidang yang ditekuni. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah keluarga, sekolah, dan masyarakat. Melalui lembaga pendidikan inilah, diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena kemajuan suatu Negara tidak hanya ditentukan oleh kualitas sumber daya alamnya, tetapi yang paling penting adalah kualitas sumber daya manusia negara tersebut.

Agar bangsa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, maka salah satu wadah kegiatan yang dipandang berfungsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan, baik pendidikan jalur sekolah maupun pendidikan luar sekolah.Dalam dunia pendidikan, istilah belajar telah lama ada dan pada dasarnya setiap individu telah melaksanakan aktivitas belajar. Individu yang belajar senantiasa berinteraksi dengan ling-kungannya yang pada gilirannya terjadi suatu perubahan pada dirinya.

Seseorang yang belajar selalu melibatkan kemampuan kognitif yang ada pada dirinya, dan juga kemampuan lain seperti: motivasi, Intensitas belajar, penguasaan dan pengendalian diri, empati dan beberapa keterampilan sosial. Dalam kurung dekade terakhir, kemampuan lain itu menjadi perbincangan yang hangat di kalangan para ahli. Ternyata kecerdasan kognitif (IQ) yang dulunya menjadi tolok ukur utama dalam menilai kecerdasan seseorang tidak cukup untuk membuat manusia meraih prestasi yang tinggi. Sebab disamping IQ tersebut kemampuan yang disebutkan di atas ternyata mampu membuat orang lebih mampu menata diri dan meningkatkan hasil belajar.

Belajar banyak dipengaruhi oleh motivasi, baik dari dalam maupun dari luar diri seseorang. Oleh karena motivasi merupakan motor penggerak yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu termasuk belajar sehingga tujuan belajar tercapai, maka dalam belajar ekonomi juga diperlukan motivasi yang tinggi agar siswa berpeluang besar memperoleh nilai ekonomi yang tinggi. Tinggi rendahnya motivasi belajar siswa dapat terlihat dari keadaan siswa pada saat mengikuti pembelajaran. Perhatian siswa pada saat pembelajaran berlangsung, seriusnya siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, serta meningkatnya hasil belajar siswa merupakan faktor penilaian yang dapat dijadikan parameter dalam mengukur peningkatan motivasi belajar.

Intensitas belajar turut pula memainkan peranan yang sangat penting bagi para siswa untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Kecerdasan tidak dianggap sebagai faktor utama untuk mencapai sukses. Tetapi, intelegensi yang tinggi jika didukung intensitas belajar yang baik dan dilandasi motivasi belajar yang kuat pasti akan mendatangkan sukses dalam belajar.

Berkaitan dengan kenyataan yang dikemukakan di atas, dapat dikatakan bahwa hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam (internal) maupun faktor dari luar (eksternal). Oleh karena itu, faktor penyebab kesulitan siswa khususnya yang mempengaruhi hasil belajar ekonomi perlu diteliti secara sistematis, sehingga karakteristik siswa yang diduga mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi dapat ditelusuri secara lebih seksama. Dengan demikian sebagai langkah awal dianggap perlu dilakukan penelitian terhadap faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar ekonomi. Beberapa faktor yang dimaksud antara lain motivasi dan intensitas belajar ekonomi.

Dari uraian di atas, maka penulis tertarik mengadakan penelitian tentang “Hubungan antara Motivasi Belajar dan Intensitas Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo”.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain:
1. Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo?
2. Apakah terdapat hubungan antara intensitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo?
3. Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dan intensitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo?

1.3 Batasan Masalah
Agar penelitian ini terarah dan sesuai dengan tujuan penelitian yang hendak dicapai, maka perlu pembatasan masalah antara lain:
1. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo.
2. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar (X1), intensitas belajar (X2) dan hasil belajar (Y)
3. Hasil belajar yang diperoleh yaitu hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo pada mata pelajaran Ekonomi Tahun Pelajaran 2011/2012.

1.4 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu:
1. Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo.
2. Untuk Mengetahui apakah terdapat hubungan antara Intensitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo.
3. Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dan Intensitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se Kabupaten Bungo.

1.5 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini, antara lain:
1. Manfaat Teoritis
Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan mampu menambah khasanah kajian pustaka tentang hubungan antara motivasi belajar dan Intensitas belajar dengan hasil belajar ekonomi.

2. Manfaat Praktis
Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi informasi bagi para pembaca dan para pengajar untuk dapat lebih memperhatikan Intensitas belajar siswa serta memotivasi siswa untuk dapat belajar lebih giat lagi khususnya di lingkungan sekolah.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Indikator Kerja
  2. Contoh Skripsi Perilaku Konsumsi Tablet Fe Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil
  3. Pengertian Problem Posing Tipe Pre Solution Posing
  4. Validitas Tes
  5. Pemidanaan Terhadap Pelaku Tindak Pidana Penipuan Jual Beli Tanah
  6. Prosedur Penelitian PTK
  7. Contoh Proposal Akuntansi Manajemen Download
  8. Pengaruh Latihan Sirkuit Dribbling Terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola (BAB II)
  9. Contoh Skripsi Pertanian
  10. Kumpulan Judul Skripsi Hukum Lengkap