Analisis Pancasila Sila Ke 2 : Adanya penangkapan angota DPRD – SEKDA kota Semarang yang diduga dalam kasus suap oleh KPK dalam hal ini telah menunjukkan kinerja yang baik oleh lembaga KPK sebagai lembaga yang didirikan pemerintah untuk mengatasi masalah korupsi. Selain itu, adanya penangkapan ini juga membuktikan bahwa hukum dapat berlaku untuk semua waga negara termasuk pemerintah dan pejabat pemerintah. Walaupun penangkapan anggota DPRD dan sekda kota semarang terlihat sangat memprihatinkan namun keadilan tetap harus ditegakkan dengan tidak membedakan pejabat pemerintah dengan masyarakat.

Pancasila Sila Ke 2

Dimana telah dijelaskan dalam pancasila, sila ke- 2 yaitu “ kemanusiaan yang adil dan beradap” yang mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku yang sesui dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya. Manusia perlu diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhhluk tuhan yang sama derajatnya dan sama antara hak dan kewajiban asasinya. Dan berdasarkan nilai ini, secara mutlak ada pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia. Selain itu, dijelaskan dalam norma hukum yaitu memberi kuasa untuk memberi sanksi atau menjatuhkan hukuman. Dalam hal ini, pengadilan sebagai lembaga yang mewakili masyarakat resmi untuk menjatuhkan hukuman,dalam kaitannya dengan pancasila sebagai nilai dasar negara nilai pancasila dapat diwujudkan kedalam norma hukum negara. Pancasila merupakan norma dasar negara indonesia yang menjadi dasar dan sumber bagi penyusunan hukum serta peraturan perundang-undangan. Tata hukum indonesia yang berpuncak pada hukum dasar negara yaitu UUD 1945 bersumber pada nilai-nilai dasar pancasila sebagai norma dasar bernegara.

Dalam hal ini hubungannya dengan kewarganegaraan adalah dimana kewarganegaraan merupakan pendidikan yang memberi pendidikan kepada warga negara agar sadar akan hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu, untuk membangun kesiapan warga negara menjadi warga dunia. Kewarganegaraan itu sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara dan meningkatkan kesadaran berbangsa, bermasyarakat dan bernegara sehingga pendidikan kewarganegaraan ini sangat penting guna terwujudnya suatu keadilan hukum. Maka dari itu, kita sebagai warga negara yang sadar akan hak, kewajiban dan hukum, kita jangan meniru yang dilakukan oleh anggota DPR dan SEKDA kota Semarang yang melakukan kasus korupsi.

SARAN

Dalam hal ini, pemerintah harus lebih meningkatkan hukum di indonesia agar berjalan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Sehingga hukum di indonesia dapat berjalan dengan adil sehingga masyarakat juga dapat merasakan suatu keadilan hukum. Selain itu, pemerintah seharusnya lebih kolektif dalam memilih pejabat pemerintah sehingga kasus suap yang terjadi dikalangan pejabat pemerintah tidak terulang kembali. Dan pemerintah harus lebih memberi pengawasan kepada pejabat pemerintah agar tidak terjadi penyelewengan kekuasaan yang dapat mencoreng nama naik pemerintah. Dalam hal ini, peran pancasila sangat penting sebagai dasar negara yang harus dijadikan sikap dan pandangan hidup seluruh rakyat indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga Kue Ultah Buat Adik Terindah

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Pengertian Fungsi dan Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Faktor Penyebab Pencabulan Yang Dilakukan Anak Dan Upaya Penanggulangannya
  3. Bahaya Seks Bebas dan Akibatnya
  4. Asas asas Hukum Adat
  5. Kesejahteraan Sosial Menurut Islam
  6. Dampak Negatif Makan Sambil Minum
  7. Undang Undang Sebagai Konsep Dasar Sistem Nasional
  8. Pendidikan Anti Narkoba | Jenis Jenis Narkoba
  9. Hubungan Pancasila dan UUD 1945
  10. Makalah Organisasi dan Kepemimpinan | Tipe Tipe Kepemimpinan Di Indonesia